in

7005 KPM Segera Terima Bantuan PKH Triwulan III

Cereme Taba Penerima Manfaat Terbanyak

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Program Keluarga Harapan (PKH) termin ke III akan segera dicairkan pada bulan Juli ini. Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator PKH Kota Lubuklinggau, Yudha Gunta Dera kepada Silampari Media, Rabu (3/7/2019).

“Bantuan untuk triwulan ketiga akan dicairkan bulan ini, namun kami belum mengetahui tanggalnya, yang pasti awal bulan Juli ini diusahakan akan sampai kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” ujar Yudha.

Untuk KPM sendiri, Yudha mengatakan bahwa sampai satu semester di tahun ini belum ada penambahan maupun pengurangan, namun pihaknya menuturkan kemungkinan akan ada pengurangan.

“Kalau dari tahun ke tahun sebelumnya ada penurunan KPM, hal itu dikarenakan ada beberapa hal, seperti misalnya keluarga tersebut telah masuk dalam kategori mandiri, ataupun KPM telah pindah domisili di luar Lubuklinggau,” tambah pria berkacamata itu.

Sementara ini, per 3 Juli 2019 tercatat ada 7005 penerima manfaat PKH di Kota Lubuklinggau. Adapun Kecamatan tertinggi KPM PKH nya adalah Kecamatan Lubuklinggau Barat I dengan 1.310 KPM dan Kelurahan dengan jumlah KPM PKH terbanyak adalah Kelurahan Cereme Taba dengan 396 KPM.

“Untuk kecamatan Lubuklinggau Barat II itu ada 878 KPM, Timur 1.441 KPM, Timur II 1.247 KPM, Utara I 643 KPM, Utara II 1.010 KPM, Selatan I 970 KPM, Selatan II 506 KPM,” sambung Yudha seraya membacakan data yang pihaknya punya.

Untuk PKH sendiri tahun ini berbeda konsep dari tahun-tahun sebelumnya. Kalau tahun-tahun sebelumnya menggunakan Flat System sehingga jumlah bantuan yang di dapat setiap KPM itu sama.

“Kalau saat ini PKH menggunakan sistem unflat, sehingga setiap KPM akan mendapatkan jumlah bantuan yang berbeda sesuai dengan tanggungan KPM,” jelas Yudha.

Untuk periode ini bantuan akan disalurkan dengan melihat berapa tanggungan yang dimiliki oleh KPM. Semakin banyak tanggungan KPM semakin besar bantuan yang di dapat.

Adapun jumlah bantuan yang didapat PKM adalah sebagai berikut :

BANTUAN TETAP SETIAP KELUARGA :
REGULER : Rp. 550.000 ,- / Keluarga/Tahun.
PKH AKSES : Rp. 1.000.000,- /Keluarga/Tahun

BANTUAN KOMPONEN SETIAP JIWA
IBU HAMIL : Rp. 2.400.000,-
ANAK USIA DINI : Rp. 2.400.000,-
SD : Rp. 900.000,-
SMP : Rp. 1.500.000,-
SMA : Rp. 2.000.000,-
DISABILITAS BERAT : Rp. 2.400.000,-
LANJUT USIA : Rp. 2.400.000,-

Yudha berharap meski bantuan pemerintah kepada masyarakat semakin besar tiap tahunnya, namun alangkah baiknya jika angka penerima manfaat akan semakin berkurang.

“Karena hal tersebut menandakan program ini berhasil mengentaskan keluarga prasejahtera menuju kepada keluarga yang mandiri,” tutup Yudha.

PENULIS : Bayu Pratama Sembiring
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Kedapatan Bawa Shabu, Agus Antu-Ayo Divonis Enam Tahun Penjara

490 Istri Menggugat Cerai Suaminya di PA Lubuklinggau, Ini Alasannya