Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Paisol saat menghadiri Sosialisasi Karhutla ,Kamis (19/08/2019). Foto Trisnak Silmed
in

70 Persen Perusahaan Tak Memiliki Alat Damkar

MUSIRAWAS,Silmed.id – 70 persen perusahaan di Musi Rawas, diduga  tidak memiliki alat pemadam Kebakaran yang baik. Hal itu diungkapkan langsung oleh Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Paisol saat memaparkan sosialisasi Kebakaran Hutan  dan Lahan (Karhutla) di Ruang Bina Praja, Kamis (19/09/2019).

“Bohong, kalau perusahaan mengatakan jika  memiliki alat damkar yang lengkap. Sebab menurut catatan kami, sekitar 70 persen tidak memiliki alat pemadaman yang baik,” kata Paisol.

Artinya, sambung Paisol perusahaan memang memiliki alat pemadam kebakaran akan tetapi tidak memadai untuk memadamkan api.

“Secara fisik memang ada perusahaan yang sudah menyediakan alat pemadam kebakaran.Akan tetapi apakah itu bisa di fungsikan semua ,sebab ada perusahaan memiliki dua unit mobil damkar akan tetapi hanya satu yang bisa beroperasi. Apakah tim pemadam kebakaran di perusahaan itu sudah ada,”jelasnya.

Selain itu,Paisol juga sangat menyayangkan sikap perusahaan yang acuh tak acuh kepada petugas pemadam kebakaran (Damkar).

“Kita kan sifatnya cuma membantu.Kok jadi aneh yang punya musibah malah menonton kita memadamkan api, contohnya  PT CLBB,”ungkapnya.

Paisol menambahkan, jika hendaknya pihak perusahaan agar melakukan patroli dan membuat menara pengawas agar lebih muda dalam mengawasi jika ada kebakaran.

Sementara itu Bupati Musi Rawas,H Hendra Gunawan, meminta kepada perusahaan  kepada seluruh perusahaan yang ada di Musi Rawas, untuk berperan aktif untuk menanggulangi masalah Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla).

“Perusahaan wajib membantu petugas damkar mematikan api. Tolong dibantu segala keperluan petugas damkar,”kata Bupati.

Dia juga  mengaku tidak mau mendengar lagi adanya keluhan petugas damkar  tentang perlakukan perusahaan.

PENULIS : Sutrisnak

EDITOR   : Dedi Ariyanto

Banyak Desa Belum Realisasikan Pemasangan Stiker Penerima Bansos

Pemkab Mura Bagikan 1.000 Masker