in

67 Desa Berstatus Tertinggal

MUSI RAWAS, Silmed.id – Pada 2018, 67 desa di Musi Rawas masih berstatus tertinggal dan sangat tertinggal. Demikian disampaikan Sekretaris DPMD Musi Rawas Alexander.

Menurut Alek, pihaknya menargetkan 2020 tidak ada lagi desa tertinggal di Musi Rawas. Sekarang sedang tahap pengisian kuisioner untuk status desa 2020. Sekarang pihaknya melakukan pendataan dan koordinasi dengan instansi terkait.

“Desa yang berstatus tertinggal sebanyak 59 sedangkan sangat tertinggal sebanyak delapan desa” jelas dia.

Lanjut dia, kuisioner diisi oleh pendamping desa dan pendamping lokal desa, untuk melepas status tertinggal, ada yang diluar jangkauannya, seperti pembangunan jalan dan jembatan. Makanya perlu berkoordinasi dengan instansi terkait.

“Saya optimis dapat menekan jumlah desa tertinggal, sebab desa mendapat anggaran dari pemerintah pusat yakni Dana Desa (DD)” ujarnya.

Jika desa tersebut tidak ada kemajuan, sedangkan anggaran ratusan juta sudah dikucurkan untuk desa, maka perlu evaluasi terhadap pemerintah desa.

“Anggaran sudah dikucurkan masih tidak ada kemajuan, maka desa tersebut dipastikan ada masalah,” ucapnya.

Ditambah dia, penyebab desa tertinggal dan sangat tertinggal sangat banyak, seperti infrastruktur dasar dan angka kriminalitas.

“Insyaallah status desa tertinggal dapat diturunkan bahkan dihilangkan”pungkasnya.

 

PENULIS: Dedi Ariyanto
EDITOR: Aullia Azan Siddiq

490 Istri Menggugat Cerai Suaminya di PA Lubuklinggau, Ini Alasannya

Sedang Indehoy di Patok Besi, Joni Ditangkap Polisi