in

549 KK Terendam Banjir, Aktivitas Sekolah Diliburkan

MUSIRAWAS,Silmed.id – Sebanyak 549 Kepala Keluarga (KK) di Desa Semangus Lama dan Semangus Baru Kecamatan Muara Lakitan terendam banjir. Aktivitas belajar mengajar dihentikan.

Kepala Desa (Kades) Semangus Lama, Jusani mengatakan, sebanyak 450 KK di Dusun 1,2,3,4 dan 6 sudah terendam banjir. Bagi warga yang rumahnya terendam maka pindah ke rumah warga yang lebih tinggi.

“Air mulai naik malam kemarin sekitar pukul 03.00 WIB pagi, debit air terus naik sehingga ratusan rumah terendam,” kata Jusani kepada Silampari Media, Minggu (09/02/2020).

Selain rumah warga sambung Jusani, fasilitas umum (Fasum) seperti Polindes, Pustu, Musolah, Masjid dan Gedung Paud ikut terendam.

“Aktivitas warga lumpuh total, pelayanan umum tidak dapat digunakan, aktivitas belajar mengajar dihentikan akibat banjir,” ujarnya.

Dijelaskannya, Paud diliburkan karena gedung sekolah terendam banjir, sedangkan pelajar SD diliburkan karena akses menujuh sekolah terendam banjir.

“Anak-anak tidak bisa sekolah, karena banjir, mudah-mudahan air cepat surut sehingga warga bisa beraktivitas,” paparnya.

Terpisah, Sekdes Semangus Baru Edi Rumadi mengatakan, sebanyak 99 KK di Dusun 1,2 dan 3 terendam banjir. Jika jiwanya sekitar 431 jiwa.

“Selain rumah terendam, warga di Dusun 6 yang dihuni Komunitas Adat Tertinggal (KAT) sebanyak 38 KK juga terisolir, disana rumahnya tidak terendam tapi aksesnya yang terputus,” ungkap Edi.

Hal yang sama, sambung Edi, warga yang tinggal Dusun Baru juga terisolir, disana ada 40 KK.

“Kami terus update data dari kadus, selanjutnya dilaporkan dengan camat, saya sudah himbau dengan warga untuk waspada,” tambah dia.

Dilain pihak, Kabid Organisasi dan Bantuan Sosial (Orbansos) Dinas Sosial Musi Rawas, Evan Saipani mengatakan, dalam rangka penangulangan bencana banjir, pihaknya sudah menyiapkan bantuan beras dan dapur umum jika membutuhkan.

“Bantuan sudah siap, tinggal nunggu perintah, saya sudah perintah kepada tim tagana untuk siaga 24 jam,”pungkasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Linggau Petshop Menyediakan Aneka Jenis Kucing Impor Dengan Harga Terjangkau

Banjir Mulai Rendam Badan Jalan Lintas Provinsi