in

522 Napi Lubuklinggau Diusulkan Terima Revisi Idul Fitri

LUBUKLINGGAU,Silmed.id – Hari Raya Idul Fitri berkah bagi narapidana (Napi) di Lapas Lubuklinggau. Pasalnya, mereka akan mendapatkan remisi (potongan hukuman).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Klas II A Lubuklinggau Imam Purwanto mengatakan, pihaknya mengusulkan remisi Hari Raya Idul Fitri 1441, ke Kementrian Hukum dan Ham RI melalui Kanwil Kemenkum HAM Sumsel sebanyak 522 napi.

Rinciannya dari jumlah sebanyak itu meliputi remisi khusus (RK) I, 193 orang menerima 15 hari, 248 orang mendapatkan 1 bulan, 61 orang memperoleh 1 bulan 15 hari dan 4 orang napi 2 bulan potongan hukuman.

“Remisi bebas pada Idul Fitri belum ada. Kalau RK 1 berdasarkan PP 99 ada 1 bulan 15 hari untuk 6 orang, dan 1 bulan 10 orang,” jelasnya.

Masih kata Imam Purwanto, napi yang diusulkan mendapatkan remisi khusus di hari raya sudah melalui syarat, seperti berkelakuan baik, sudah menjalani hukuman 2/3. Namun bila selama proses remisi melakukan pelanggaran tata tertib Lapas Lubuklinggau maka akan dicabut haknya.

“Harus berkelakuan baik dan mematuhi tata tertib lapas, bila ingin menerima remisi,” pungkasnya.

PENULIS : Putri Rianita

Kompaknya Warga Memasak Bersama untuk Keluarga Positif Covid-19

PDP di Musi Rawas Meninggal Dunia, Anggota TNI