in

499 Penerima PKH di Musi Rawas Dihapus

MUSIRAWAS, Silmed.id – Memasuki Tahap lV Tahun 2019, tercatat ada sebanyak 16.840 penerima PKH di Kabupaten Musi Rawas dan sebanyak 499 penerima Progam Keluarga Harapan (PKH) dihapus.

“Sebanyak 499 nama dihapuskan karena tidak memenuhi komponen atau sudah mampu. Rinciannya 279 dihapus karena dalam keluaraga penerima tidak ada lagi anak sekolah ditambah dengan usulan dari desa sebanyak 220 nama,” jelas Kepala Dinas Sosial, Agus Susanto melalui Kabid Organisasi dan Bantuan Sosial (Orbansos) Evan Saipani kepada Silampari Media, Selasa (13/8).

Terkait usulan desa untuk penghapusan penerima PKH, Evan menyampaikan, kades tidak serta merta dapat menghapus, karena ada mekanisme yang harus dilalui, yakni musyawarah desa.

“Selain musyawarah desa, pendamping juga mengecek kondisi penerima PKH,” ujarnya.

Terkait adanya keluhan warga Desa Leban Jaya Kecamatan Tuah Negeri. (Baca berita sebelumnya; Dana PKH Tak Kunjung Cair, Ibu-ibu Leban Jaya Datangi Dinsos Mura).  Dinsos sudah menurunkan tim untuk mengkroscek kondisi penerima PKH dan berkoordinasi dengan pihak bank, untuk mengetahui sebab uang PKH tak dicairkan.

“Kalau milik warga Leban Jaya bukan dihapus, tapi belum bisa dicairkan. Makanya akan dicarikan penyelesaiannya,” jelas Evan.

Sementara itu, ZR (30) warga Desa Leban Jaya mengatakan, dirinya berharap Dinsos untuk mengecek langsung ke desa.

“Jangan salah kaprah, yang mampu menerima PKH sedangkan yang miskin dihapuskan,” pungkasnya.

PENULIS: Dedi Ariyanto
EDITOR: Dodi Chandra

‘Dipecat’, Puluhan Eks Pekerja PT DMIL Ngadu ke Pemkab Muratara

Lima Kecamatan Belum Sampaikan Hasil Musdes