in

45 Desa Sepakat BPD Dipilih Langsung

Sembatu Jaya Belum Musdes

MUSIRAWAS, SIlmed.id– Sebanyak 64 desa telah melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes), 45 desa telah bersepakat bahwa Pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menggunakan metode pemilihan secara langsung.

“64 desa sudah menggelar Musdes, hasil 45 desa akan memilih secara langsung, 19 desa memilih keterwakilan,” jelas Kabid Pemdes DPMD Musi Rawas Rian Pratama, kepada wartawan Rabu (17/7/2019).

Perlu dipahami, sambung dia, yang melaksanakan Musdes yakni BPD sedangkan pembentukan panitia dilakukan oleh aparatur desa yakni kades dan perangkatnya.

Lanjut dia, sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 85 Tahun 2018, Musdes dilaksanakan tujuh bulan menjelang berakhirnya masa jabatan BPD. Namun untuk waktu dapat disesuaikan karena ada berkaitan dengan anggaran.

“Tahapan pemilihan dimulai pada 27 Juli 2019, sebelum tahapan dimulai maka Musdes harus sudah selesai dilaksanakan. Kami hanya memberikan pedoman, sedangkan pelaksanaan dilakukan oleh panitia,” ujarnya.

Dalam Musdes sambung dia, juga menentukan pola pemilihan, apakah mengunakan metode pemilihan langsung atau keterwakilan.

“Dalam pemilihan nanti, panitia harus membuat dua kertas suara, satu untuk keterwakilan perempuan, satu keterwakilan wilayah,”paparnya.

Dalam menentukan hak pilih, panitia akan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), nanti data tersebut diolah yakni coklit.

“Setiap warga memiliki hak untuk memilih, namun harus sesuai dengan syaratnya,” ucapnya.

Dilain pihak, Toha anggota BPD Sembatu Jaya mengatakan hinggai kini desanya belum melaksanakan Musdes. Pihaknya sudah menyampaikan ke kepala desa agar memfasilitasi dilaksanakan Musdes.

“Kami sudah mengajukannya, sekarang tinggal kades. Kapan akan melaksanakan Musdes,” pungkasnya.

PENULIS: Dedi Ariyanto
EDITOR: Dodi Chandra

11 Pejabat Eselon III dan IV Dilantik

Muratara Terima Penghargaan dari KPAI