ilustrasi
in

360 Orang Alami Gangguan Jiwa di Musi Rawas

MUSI RAWAS,Silmed.id – Sebanyak 360 orang dilaporkan teridentifikasi mengalami gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Kabupaten Musi Rawas, hal ini terungkap berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Dinas Sosial.

“Di Kabupaten Musi Rawas, tercatat sebanyak 360 ODGJ,” kata Kepala Dinas Sosial Agus Susanto melalui Kabid Rehabilitasi Sosial, Muslimin kepada Silampari Media, Jum’at (02/08/2019).

Jumlah itu menempatkan Kecamatan Tugumulyo dan Megang Sakti dengan warga berstatus ODGJtertinggi di Kabupaten Musi Rawas.

“360 ODGJ tersebar di 14 kecamatan, paling banyak di Tugumulyo dan Megang Sakti,” lanjutnya.

Muslimin menambahkan, ODGJ kebanyakan rata-rata stres berat, baik dipasung atau berkeliaran di jalan. “Tercatat sebanyak 20 orang terpaksas hidup dalam pasung. Alasanya karena sering mengamuk dan membahayakan orang lain,” tambahnya.

Adapun penyebab ODGJ ini disebabkan berbagai macam faktor, seperti ekonomi karena tidak terima hasil kerjanya dibelikan beras oleh orang tuanya, kemudian percerai dan karena membunuh.

“Namun rata-rata yang dominan, dari hasil pendekatan kita pada keluarganya, karena faktor ekonomi dan salah mengolah ilmu, karena tidak kuat akhirnya mereka jadi gila,”pungkasnya.

PENULIS : Alexander
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Kemunculan Rombongan Kerbau, Membuat Dump Truck Bermuatan Sawit Terbalik

Ini Penyebab Nenek Berusia 108 Tahun Menangis Haru