Kelompok tadi di Desa Embacang Ilir, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara terima bantuan bibit padi sawah. Foto : Farlin Addian
in

33.125 Ton Bibit Padi Sawah Disalurkan ke Gapoktan

MURATARA, Silmed.id – Dinas Pertanian Perkebunan dan Perikanan (Dispertanikan) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) salurkan bantuan 33.125 ton bibit padi sawah kepada kelompok tani yang tersebar di lima kecamatan, Rabu (16/10/2019).

Lima kecamatan dimaksud yakni, Kecamatan Karang Jaya, Rupit, Rawas Ulu, Nibung dan Ulu Rawas.

Kepala Dispertanikan, Suhardiman mengatakan dari lima kecamatan itu dipriotaskan bagi desa yang memiliki lahan persawahan, namun desa yang tidak memiliki sawah tidak bisa menerimah bibit tersebut.

“Ada 33.125 ton bibit padi sawah yang disalurkan akan ditanam di lahan seluas 1325 hektar, yang tersebar di kawasan Kabupaten Muratara,” katanya.

Disampaikannya, bahwa bantuan bibit padi sawah merupakan program APBN yang sudah berjalan sejak tahun 2015 lalu di Muratara dan setiap tahunnya program tersebut dinilai sangat membantu petani padi di Bumi Berselang Serundingan.

“Ditahun 2019 ini hampir semua kecamatan mendapatkan bantuan tersebut kecuali Kecamatan Karang Dapo dan Kecamatan Rawas Ilir,” ujarnya.

Ia berpesan kepada Gapoktan sebagai penerima bantuan bibit padi ini supaya bisa mengelolahnya dengan baik dan bermanfaat serta dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.

Sementara, Yuta warga Desa Embacang Ilir, Kecamatan Karang Jaya membenarkan adanya bantuan bibit padi sawah yang masuk kedesanya dari kabupaten.

“Awalnya kami kira itu beras untuk dibagikan kepada masyarakat, saat ditanya bantuan bibit padi sawah untuk kelompok tani,” ucapnya.

PENULIS : Farlin Addian
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Bendahara OPD dan Desa Dapat Penghargaan dari Kanwil DJP Sumsel

Kelurahan Rahma Siap Ikuti Lomba LBS Tingkat Provinsi