Ketua Bidang Organisasi PWI Sumsel, Anwar Rasuan saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan mewakili Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar, Rabu (2/10/2019).
in

30 Wartawan Ikuti Orientasi Calon Anggota PWI Lubuklinggau

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Sebanyak 30 wartawan dari berbagai media di Kota Lubuklinggau mengikuti Orientasi Calon Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Lubuklinggau yang diselenggarakan di Cozy Hotel, Rabu (2/10/2019).

Hal ini diungkapkan M Minor, Ketua Pelaksana Orientasi Calon Anggota PWI Kota Lubuklinggau saat menyampaikan laporan kegiatan.

“Orientasi Calon Wartawan ini selain bertujuan untuk rekruitmen anggota baru, juga merupakan kesempatan bagi anggota lama untuk memperbarui keanggotaan seperti pada masalah kartu yang sudah habis masa berlakunya,” ujar Minor.

Tak hanya itu, kegiatan bertemakan ‘Perteguh Marwah Organisasi PWI, Rumah Bersama Wartawan Profesional yang Menyampaikan Berita Sesuai Kode Etik Jurnalistik (KEJ)’ itu juga untuk menjelaskan hak,  kewajiban dan fungsi pers sesuai dengan undang-undang, peraturan dan ketentuan yang berlaku, terutama tentang UU Pokok Pers, Kode Etik Wartawan dan pedoman Dewan Pers.

“Sehingga para peserta dalam menjalankan tugas jurnalistiknya dapat bersaing secara profesional dan bermartabat,” imbuh Minor.

Sementara itu, Ketua PWI Sumsel, Firdaus Komar diwakili Ketua Bidang Organisasi PWI Sumsel, Anwar Rasuan mengungkapkan rasa syukur atas terselenggaranya acara ini dengan jumlah peserta yang luar biasa banyak.

Pria yang berkarir sejak 1974 itu berpesan kepada wartawan agar bisa memperbanyak dan memperbaiki kualitas karya jurnalistik.

Ia menambahkan, banyak ditemui orang yang mengaku wartawan namun dengan ketrampilan jurnalistik minim. Banyak yang cuma bisa ngomong, tapi tidak bisa bikin berita. Tak sedikit pula yang dianggap senior.

“Ada perbedaan antara ‘senior umur’ dan ‘senior karya’. Saya berharap dengan kegiatan ini semua peserta dapat memahami semua peraturan dan ketentuan terkait kegiatan jurnalistik,” kata Anwar yang kemudian dilanjutkan dengan membuka kegiatan Orientasi Calon Wartawan PWI Kota Lubuklinggau secara resmi.

Hadir dalam acara pembukaan kegiatan ini seperti, Sekretaris PWI Sumsel Dwitri Kartini, Dewan Kehormatan PWI Kota Lubuklinggau Solihin, Ketua PWI Kota Lubuklinggau  Endang Kusmadi, peserta dan sejumlah undangan lainnya.

PENULIS: Dodi Chandra

 

 

Ketua PWI Sumsel Buka Orientasi Calon Anggota PWI Kota Lubuklinggau

Video: Ini Penjelasan Walikota Lubuklinggau Soal 55 Aset