in

27 Pecandu Narkoba Direhab

MUSIRAWAS,Silmed.id – Selama 2019, sebanyak 27 pecandu narkoba di Kabupaten Musi Rawas dilakukan rehabilitasi. Demikian disampaikan Kepala BNN Musi Rawas Hendra Amoer kepada Silampari Media.

Dijelaskan Hendra, dari 27 pecandu narkoba tersebut, 16 rawat jalan dan terdiri dari 15 berjenis kelamin laki-laki dan satu orang perempuan. Sedang yang menjalan rawat inap sebanyak 11 orang, tiga orang dirawat di Balai Rehabilitasi Lido Bogor, Kalianda Lampung sebanyak satu orang dan KIH Tugumulyo sebanyak tujuh orang.

“Yang menentukan apakah rawat jalan atau inap, setelah dilakukan pemeriksaan petugas BNN, seperti asesmen oleh dokter dan konselor. Setelah dilakukan pemeriksaan maka ditentukan apakah masuk kriteria ringan dan berat,”ujarnya.

Biasanya sambung Hendra, kalau dirawat jalan korban narkoba hanya pemakai biasa, artinya pemakaian tidak teratur dan belum menjadi kebutuhan. Kalau rawat inap, biasanya sudah sangat ketergantungan dan pemakaiannya sudah jangka lama.

“Jika dirawat tempat pemerintah maka gratis karena dibayar Negara, tempat rehabilitasi milik BNN berada di Lampung, Medan dan Batam. Korban hanya mengeluarkan uang untuk ongkos menuju tempat rehabilitasi,”paparnya.

Menurut Hendra, dalam pemberantasan narkoba tidak hanya melakukan tindak represif, tapi juga harus dilakukan rehabilitasi untuk mengobati para koban penyalagunaan narkoba.

“Jika melihat dari geografis dan demografis Kabupaten Musi Rawas, sudah selayaknya bumi lan serasan seketenan memiliki tempat rehabilitasi milik pemerintah, karena sebagai kabupaten tertua, sangat sudah layak,” kata Hendra.

Terkait perlunya Balai Rehabilitasi di Musi Rawas, dirinya belum mengajukan secara tertulis, namun secara lisan sudah dibicarakan kepada Bupati Musi Rawas.

“Pembangunan Balai Rehabilitasi, saya harap menjadi program prioritas bupati, kalau punya swasta sudah ada di Musi Rawas. Karena dampak dari penyalagunaan narkoba sangat fatal. Seperti terjadinya aksi perampokan dan penipuan,”pungkasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

BPSK Sidak Toko Daging, Diduga Langgar Ketentuan Berlaku

Toko Susu Bang Ody, Kualitas Terjamin Harga Terjangkau