BERANGKAT : Sebelum diberangkatkan ke Kabupaten Banyu Asin untuk mengikuti Porsadin, 21 peserta dan 9 official berpoto bersama. Foto Ardi Silmed.
in

21 Pelajar Diniyah Mengikuti Porsadin

MURATARA, Silmed.id – Sebanyak 21 peserta dari Kabupaten Musirawas Utara (Muratara) turut serta dalam Pekan Olahraga dan Seni Santri Diniyah (Porsadin) ke IV tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Adapun Porsadi kali ini diadakan di Pondok Pesantren (Ponpes) Ma’ariful Ulum yang berada di Desa Talang Keramat, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Muratara, H Iksan Baijuri mengatakan Madrasah Diniyah ini, pelajarnya bila pagi bersekolah umum dan siangnya sekolah agama.

“Di Muratara sekolah Diniyah ada 68 hingga 80. Namun dari jumlah tersebut perlu kerjasama lagi, karena ada beberapa sekolah yang perlu perhatian kembali,”katanya, Rabu (25/9/2019).

Ia mengatakan kepada Silampari Media, pada 2019 ini ada 21 peserta yang mewakili pelajar Diniyah dan sembilan orang official.

“Pada 2017 lalu, kami juga mengirimkan kontingen ke Prabumulih. Alhamdulilah berhasil meraih juara ke-tiga dari 17 Kota dan Kabupaten di Sumsel,”ujar Ikhsan.

Sambungnya, jika ditahun yang lalu mendapatkan juara tiga, maka tahun 2019 ini diharapapkan bisa juara dua atau bahkan juara satu umum.

“Ada 12 cabang yang dilombakan, diantaranya pidato Bahasa Indonesia, pidato Bahasa Arab, Tahfizh, Murottal dan Imla. Selanjutnya Puisi, Qasidah, Futsal, Silat, Kaligrafi serta Cerdas Cermat,” paparnya.

Ditempat yang sama, Asisten III Administrasi dan Umum Setda Muratara, Romsul Panani saat melepas peserta Porsadin berpesan, setiap dua tahun diadakan Porsadin satu kali pada tingkat Sumsel.

“Selamat bertanding, jaga nama baik Muratara. Mudahan-mudahan Muratara meraih juara satu umum,”ucapnya.

Ia mengatakan, selain target juara, pengalaman dalam bertanding di daerah lain perlu digali, dipelajari, sehingga tidak vakum atau demam panggung.

“Selain bertanding, kita juga mengikuti dan mempelajari iklim di daerah lain, sehingga dalam bertanding tidak gugup,” pungkasnya.

PENULIS : Ardi Gumailah

EDITOR   : Dedi Ariyanto

Aksi Unjuk Rasa Berlangsung Damai

Pengurus OSIS Mandi Air Kembang