CINDERAMATA. Sekda Muratara, Alwi Roham menerima cinderamata usai penandatangan MoU kesepakatan kuliah gratis di IPB, Kamis (17/10/2019). Foto: Farlin_Silmed
in

2020, Anak-anak Muratara Bisa Kuliah Gratis di IPB

MURATARA, Silmed.id – Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) lakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama atau (MoU) antara pihak Institut Pertanian Bogor (IPB) University di Gedung Andi Hakim Nasoetion kampus IPB, Dermaga Bogor.

Dalam MoU tersebut salah satunya isinya menyatakan perkuliahan akan dilakukan secara gratis, semua pembiayaan akan dibebankan kepada Pemerintah Daerah Muratara.

Secara umum isi kerjasama kedua pihak yakni kesepatakan di bidang pendidikan secara gratis bagi siswa yang memiliki prestasi serta tidak mampu dalam membiayai pendidikan selama perkuliahan.

“Bagi siswa siswi SMA sederajat di Muratara yang berminat, siap-siap untuk kuliah di IPB University,” kata Erwin Syarif, Kepala Bappeda Muratara, Kamis (17/10/2019) kepada Silampari Media.

Ia menjelaskan, para siswa dan siswi Muratara yang berminat kuliah gratis dipersilakan dengan syarat mengikuti penjaringan oleh pihak kampus nantinya.

“Insyaallah beasiswa ini dimulai Tahun Ajaran 2020. Semua biaya ditanggung oleh Pemkab Muratara alias gratis, siapkan diri kalian dari sekarang untuk ikut seleksi beasiswa daerah ini,” kata Erwin Syarif.

Disisi lain, Sekretaris Daerah Muratara Alwi Roham menyampaikan, 2020 nanti pemda Muratara di bidang pendidikan akan mengirimkan putra terbaik untuk disekolahkan di IPB.

“Namun para siswa dan siswi disesuaikan dengan kondisi SDM kita saat ini,” jelasnya.

Sambungnya, salah satu tahapan kuliah gratis akan dilakukan penjaringan terlebih dahulu di Kabupaten Muratara, mereka yang terbaik akan disekolahkan di IPB.

Selain pendidikan, di dalam MoU tersebut kedua pihak juga melakukan penandatangan terhadap pelatihan khusus penyuluhan pertanian.

“Mereka akan dilatih disitu, disekolahkan. Ketika pulang ke Muratara mereka akan mengajatkan ilmu-ilmu tersebut. Bisa juga mereka yang ikut pelatihan membuka usaha sendiri,” ungkapnya.

PENULIS: Farlin Addian 
EDITOR: Dodi Chandra 

Pesan Papan Bunga Berkualitas, Hanya di Grai Florist

Pertanda Jodoh, Apek & Andi Kembalikan Formulir Pendaftaran ke Partai Nasdem Secara Bersamaan Padahal Gak Janjian