Bupati Musi Rawas, H Hendara Gunawan didampingi Kapolres Musi Rawas, AKBP Suhendro saat melepas peserta manasik haji di Bundaran Agropolitan Center Muara Beliti, Kamis (24/10/2019). Foto, Trisna Silmed.
in

2.300 Anak PAUD dan TK Ikut Manasik Haji

MUSIRAWAS, Silmed.id – 2.300 anak pendidikan usia dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK), dari 157 lembaga di dua belas Kecamatan mengikuti manasik haji yang di pusatkan di Bundaran Agropolitian Center, Kamis (24/10/2019).

Manasik haji yang dimotori oleh Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTKI) Mura dan Himpunan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kabupaten Musirawas merupakan agenda rutin yang diadakan setiap tahunnya.

“Dengan mengikuti manasik haji, kami mensosialisasikan bahwa pentingnya pendidikan sejak usia dini. Selain itu kami juga ingin mengajak kepada semua orang tua bahwa pentingnya pendidikan karakter sejak usia dini,” kata Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-kanak, Siti Hartuti kepada Silampari Media.

Menurut dia, jumlah peserta semestinya bisa lebih dari itu jika Kecamatan Muara Kelingi dan Muara Lakitan, ikut serta acara yang ia adakan Kamis pagi ini.

“Untuk Kecamatan Muara Kelingi dan Muara Lakitan sudah melakukan manasik haji di Kecamatan masing-masing beberapa waktu lalu, jadi mereka tidak ikut manasik di sini,”jelasnya.

Pihaknya mengapresiasi para orang tua yang tengah sabar mendampingi anak-anaknya, selama pelaksanaan kegiatan. Demikian juga kepada para kepala sekolah beserta dewan gurunya yang telah mendukung acara manasik haji iyang dilaksanakan setiap tahun dan sudah menjadi program dari IGTKI.

“Terima kasih juga kepada Kepala Dinas Pendidikan sudah mensupport acara ini. Kepada bapak Bupati saya ucapkan terima kasih sudah bersedia hadir dan membuka langsung acara ini, “jelasnya lagi.

Acara yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB itu dihadiri oleh Kapolres Musi Rawas, AKBP Suhendro, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Bunda PAUD Kabupaten Mura Hj Noviar Gunawan, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Kemenag Mura, Kepala PAUD se kabupaten Mura dan peserta manasik haji.

Bupati Mura, H Hendra Gunawan dalam sambutannya mengaku, bangga dan terharu dengan antusias anak PAUD dan TK serta tenaga pendidik dan orang tua mengikuti manasik haji ini.

“Tentu dengan mengikuti manasik haji ini, akan menanamkan nilai-nilai keislaman di dalam hati anak-anak, sehingga diharapkan selain mendapatkan pengetahuan juga akan memperkuat keinginan untuk memenuhi rukun Islam yang kelima ini, “kata Bupati Mura, H Hendra Gunawan.

Menurut dia, anak-anak TK dan PAUD ini merupakan penerus bangsa sehingga orang tua diharapkan memberikan pendidikan yang terbaik.

“Salah satunya dengan cara mengikuti manasik haji,”tutupnya.

PENULIS : Sutrisnak

EDITOR   : Dedi Ariyanto

Kepala SMKN Keluhkan Lokasi TPA Hanya Berjarak 30 Meter dengan Sekolahan

Ketua Panitia Pemilihan BPD Menghilang