in

186 Desa Gelar Pemilihan BPD

MUSIRAWAS, Silmed.id – Sebanyak 186 desa, di Musi Rawas akan mengelar pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) selama enam hari.

“Seluruh masa jabatan BPD habis secara serentak, pemilihan nanti juga dilaksanakan secara serentak,” jelas Kabid Pemdes Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Musi Rawas, Rian Pratama kepada Silampari Media, Jumat (28/6/2019).

Lanjut Rian, pelaksanaan dilaksanakan selama enam hari, yakni dimulai pada 14 hingga 20 Oktober 2019. Pihaknya kini sedang melakukan persiapan untuk pelaksanaan.

“Pelaksanaan dilakukan secara serentak, kami memberikan tenggat waktu 14 hingga 16 Oktober,” kata dia.

Dikatakannya, syarat untuk menjadi anggota BPD, minimal tamatan SMP dan warga desa setempat. Dalam pemilihan BPD ada dua metode, yakni pemilihan langsung dan pemilihan keterwakilan. Hal sudah diatur didalam Peraturan Bupati (Perbup) nomor 85 tahun 2018 tentang petunjuk pengisian dan pemberhentian anggota BPD.

“Jumlah anggota BPD paling banyak sembilan dan paling sedikit lima orang, pemilihan dilaksanakan perdusun, setiap dusun akan memiliki satu anggota BPD. Jika desa tersebut memiliki dusun lebih dari sembilan, maka akan dihitung jumlah penduduknya dan tetap maksimal sembilan anggota BPD,”paparnya.

Ditambah dia, dalam pembentukan panitia pelaksana pemilihan BPD dilakukan oleh pemerintah desa, melalui musyawarah desa ( Musdes).

“Dalam waktu dekat kami akan melakukan sosialisasi perbup, agar Pemdes dan masyarakat dapat memahami mekanis pemilihan,”ungkapnya.

Sementara itu, Dadang (30) warga Sembatu Jaya mengatakan, sudah ada beberapa warga di desanya telah menyatakan akan tampil dalam pemilihan BPD. Namun masih ada yang belum mengetahui mekanisme pemilihan.

“Sudah banyak yang menyatakan siap, tapi belum tahu kapan kepemilihan. Mudah-mudahan akan mendapatkan BPD yang lebih profesional lagi, sehingga dapat menyerap aspirasi warga,”pungkasnya.

Penulis : Dedi Arianto
Editor : Aulia Azan Siddiq

Buron Tiga Tahun, Terduga Pelaku Pembunuhan Diringkus

Devi Arianto Didukung Kembali Jadi Ketua DPC PDIP Muratara