Bupati Musi Rawas, Hendra Gunawan memberikan remisi kepada warga binaan Lapas Narkotika Klas IIA Lubuklinggau. Foto : Dedi Silmed
in

15 Napi Ini Tetap Dipenjara

MUSI RAWAS, Silmed.id – Sebanyak 15 nara pidana (Napi) Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Lubuklinggau di Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas (Mura), harusnya bebas karena mendapat remisi umum kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019.

Namun sayang, ke 15 napi tersebut harus tetap mendekam di penjara, karena harus membayar Subsidiar atau penganti denda yang tidak bisa dipenuhi oleh yang bersangkutan.

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Lubuklinggau, Suyatna mengatakan, pemberian remisi umum kemerdekaan kepada warga binaan, sesuai dengan surat keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor: PAS-984.PK.01.01.02 tahun 2019 tentang pemberian remisi umum tahun 2019 Mentri Hukum dan HAM.

Dijelaskannya, adapun jumlah Napi Lapas Narkotika Kelas IIA yang mendapat resmisi sebanyak 402 orang, dengan rincian, untuk Remisi Umum 1 (RU.1) sebanyak 387 orang, yakni untuk potongan tahanan satu bulan 31 orang, 2 bulan 27 orang, 3 bulan 129 orang, 4 bulan 95 orang, 5 bulan 99 orang, dan potongan 6 bulan sebanyak 6 orang.

“Sedangkan untuk jumlah napi yang mendapat Remisi Umum II (RU.II) yakni sebanyak 15 orang, dengan rincian untuk potongan 3 bulan 1 orang, 4 bulan 3 orang, 5 bulan 10 orang dan 6 bulan 1 orang,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Mura, H Hendra Gunawan mengucapkan selamat bagi Napi yang mendapat remisi umum. Hal ini menunjukan, betapa cintanya negara Republik Indonesia ini kepada rakyatnya. Bahkan setiap hari kemerdekaan memberikan remisi, agar warga yang menjalani tahananpun, ikut merasakan kemerdekaan ini dengan mendapat potongan masa hukuman.

“Karena negara masih memiliki harapan kepada kita semuanya, dan diharapkan kedepan dapat mengisi kemerkedaan ini untuk meneruskan cita-cita pejuang kita untuk mewujudkan Indonesia adil dan makmur. Selamat, dan mudah-mudahan bisa kembali ditengah masyarakat dan menjadi putra dan putri harapan bangsa,” tutupnya.

PENULIS: Dedi Ariyanto
EDITOR: Aulia Azan Siddiq

Warga Lubuk Pauh dan Sembatu Jaya, Antusias Peringati HUT RI

Slank Bersih-bersih Sungai Kelingi di Kampung Warna-warni