ilustrasi
in

121 Desa Belum Musdes

MUSI RAWAS, Silmed.id – 121 desa belum menyampaikan hasil Musyawarah Desa (Musdes), ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), sebelum melakukan pemilihan anggota BPD.
“Yang belum melaporkan hasil Musdes sebanyak 121 desa, sedangkan 65 sudah melaporkan,” Kepala Bidang (Kabid) Pemerintah Desa (Pemdes), Rian Pratama kepada Silampari Media, Selasa (23/7/2019).
Menurut Rian, Musdes adalah tahapan dalam pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Sebab Musdes, untuk menentukan pemilihan langsung atau musyawarah keterwakilan.
Lanjut dia, hingga kini sedikitnya baru 65 Desa yang telah melaporkan hasil musdes BPD. Dimana, sebagian besar dari laporan tersebut menyetujui pemilihan secara langsung atau voting setiap dusun masing-masing.
Lebih lanjut Rian menjelaskan, dengan masih banyaknya Desa yang belum melaksanakan Musdes. Maka pihak kecamatan harus mempertanyakan dan memberikan peringatan agar secepatnya digelar musdes BPD.
“Kecamatan bisa mempertanyakan kepada ketua BPD dan Kepala Desa (Kades) kenapa belum dilaksanakan musdes,”terangnya.
Menurutnya, sebagaimana dalam peraturan bupati (Perbup) tentang petunjuk pengisian dan pemberhentian anggota BPD. Maka musdes diharuskan sebagai titik awal pelaksanaan penyelenggaraan apakah pemilihan langsung atau musyawarah keterwakilan.

“Artinya musdes sudah diatur dalam Perbup. Sehingga, apabila ada desa yang belum melaksanakan musdes maka masyarakat bisa mempertanyakan ke BPD,”bebernya.

Terlepas dari itu, sebagaimana diatur dalam Perbup bahwasanya tahapan pemilihan BPD mulai dari musdes, pembentukan panitia hingga pencoblosan harus selesai di Oktober mendatang.
“Intinya Oktober mendatang semua Desa harus sudah selesai menyelenggarakan pemilihan BPD baik pilih langsung ataupun musyawarah keterwakilan,”ungkapnya.
Sementara itu, Jamin (27) salah satu warga Desa Anyar Kecamatan Muara Lakitan mengakui hingga saat ini di Desanya tersebut belum ada musdes pemilihan BPD. Sehingga, dengan kondisi ini ia berharap dalam waktu dekat akan dilaksanakan musdes.
“Kami berharap secepat mungkin Ketua BPD Anyar segera menggelar musdes untuk menentukan pemilihan langsung atau musyawarah keterwakilan,”pungkasnya.
PENULIS : Dedi Ariyanto
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Tujuh ODGJ Dievakuasi ke RSJ

Pembunuh Kelpinda Divonis Sembilan Tahun Penjara