in

1.196 BPD Terpilih, Mayoritas Milenial

MUSIRAWAS,Silmed.id – 1.196 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Musi Rawas segera dilantik. Mayoritas BPD yang terbaru diisi oleh anak muda atau milenial.

“Alhamdulilah, seluruh desa sudah melaksanakan pemilihan BPD. Jumlah BPD terpilih sebayak 1.196 orang, mayoritas diisi oleh kaum milenial,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Musi Rawas Ahmadi Zulkarnain melalui Kabid Pemdes Rian Pratama, kepada Silampari Media, Rabu (11/12/2019).

Lanjut dia, pihaknya sudah mengusulkan kepada Bupati Musi Rawas, agar pada 22-12-2019 BPD Musi Rawas dilantik. Lokasi pelantikan yakni di Pendopoan Bupati Musi Rawas.

“Kamu baru mengajukan, selanjutnya akan disesuaikan dengan jadwal Bupati Musi Rawas,” jelas dia.

Setelah pelantikan, maka anggota menentukan struktur organisasi yakni pemilihan ketua, wakil ketua, sekretaris dan dua kepala bidang (Kabid). Dalam rapat internal, anggota yang umur paling tua memimpin rapat. Jika ada kesepakatan sebelum pemilihan, seperti suara terbanyak akan menjadi ketua BPD, maka pihaknya akan lebih setujuh lagi.

“Jika didesa lima anggota BPD, maka seluruhnya akan masuk dalam struktur organisasi,”ucapnya.

Dikatakannya, selanjutnya Pemkab Musi Rawas akan melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) untuk BPD, agar mareka dapat memahami tugas pokok dan fungsinya.

“Nanti akan diberikan Bimtek, agar BPD tidak berbenturan dengan kades. Anggota BPD pada priode sekarang banyak yang berpendidikan serjana, bahkan ada yang pendidikan strata dua (S2),”pungkasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Warung di Lahan Milik Pemda Dibongkar

Sekda Kota Lubuklinggau Buka Kegiatan AKSI GO2