in

1.175 Pencaker, 84 Diterima Bekerja

MUSIRAWAS,Silmed.id – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Kabupaten Musi Rawas (Mura) mencatat sepanjang tahun 2019 lalu sedikitnya ada 1.175 pencari kerja (Pencaker). Namun, dari jumlah tersebut hanya 84 orang yang diterima bekerja.

“Ada 1.175 warga yang terdata telah membuat AK1 di kantor Disnakertrans,”jelas Kepala Disnakertrans Kabupaten Mura, H Mefta Jhoni.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, dari 1.175 warga yang melakukan pembuatan AK1 diantaranya, 701 laki-laki dan 474 perempuan semuanya mendomisili rata-rata kelulusan SMA dan Sarjana. Sedangkan ada 84 warga yang sudah bekerja.

“Kalau dilihat dari angka penempatan tidak sebanding. Apalagi, target pencaker yang diterima bekerja ada 500 orang,”terangnya.

Selain itu, biasanya kebanyakan pencaker melakukan pembuatan AK1 saat masa kelulusan SMA ditambah dengan dibukanya lowongan pekerjaan. Namun kebanyakan mencari pekerjaan keluar daerah baik di Kabupaten Mura, Muratara dan Kota Lubuklinggau.

“Memang ada pelamar yang mencari pekerjaan didalam daerah. Akan tetapi, tidak signifikan,”bebernya.

Terlepas dari itu pihaknya menghimbu, kepada pencaker yang mencari pekerjaan apabila sudah mendapatkan pekerjaan untuk melapor ke Disnakertrans. Sebab, sesuai dengan Kepres Nomor 04 Tahun 1980 tentang perusahaan wajib lapor begitu juga dengan pencaker.

“Kadang kalah itu tidak dilakukan sehingga jumlah pencaker (Pengangguran) di Mura tidak terpantau,”paparnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mura, Firdaus Cik Olah meminta agar kedepan penyediaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Mura dapat bertambah. Mengingat, antusias pencaker setiap bulannya dari berbagai masyarakat di 14 Kecamatan terus meningkat

“Kita berharap penyediaan lapangan pekerjaan di Mura dapat bertambah. Sehingga, dengan begitu angka pengangguran dapat berkurang,”pungkasnya.

PENULIS : Dedi Ariyanto

Tumpeng Andira Taste, Makan Enak Harga Bersahabat

Polisi Bubar Paksa Balap Liar