1.083 siswa SMPN 1 Lubuklinggau melaksanakan shalat istisqa, Jum'at (5/9/2019). Foto : Rio Silmed
in

1.083 Pelajar Lubuklinggau Shalat Istisqa

LUBUKLINGGAU, Silmed.id – Sebanyak 1.083 pelajar SMPN 1 Lubuklinggau, Jum’at (6/9/2019) sekitar pukul 07.30 WIB menggelar shalat istisqa atau shalat minta hujan di halaman sekolah mereka.

Selain pelajar, seluruh staff dan dewan guru turut melaksanakan shalat istisqa yang diimami ustaz H Muhammad Said yang juga bertindak sebagai khotib.

(depan,red) Kepala SMPN 1 Lubuklinggau, Yani Jinawar bersama ustaz H Muhammad Said sebelum pelaksanaan shalat istisqa, Jum’at (5/9/2019). Foto : Rio Silmed

Kepala SMPN 1 Lubuklinggau, Yani Jinawar mengatakan bahwa shalat tersebut dilaksanakan sebagai bentuk ikhtiar dan kepedulian, sebab kemarau panjang di tahun 2019 ini menyebabkan kekeringan tengah melanda Kota Lubuklinggau.

“Pelaksanaan shalat istisqa ini sebagai bentuk keprihatinan terhadap sesame. Dimana pada musim kemarau kali ini banyak warga mengalami krisis air bersih serta mengakibatkan lahan dan tanaman mengering sehingga mengganggu aktivitas masyarakat,” kata Yani Jinawar kepada Silampari Media.

Islam mengajarkan, shalat istisqa dianjurkan dilaksanakan ketika terjadi kemarau panjang. Harapannya agar Allah segera menurunkan hujan sehingga berbagai masalah yang muncul selama kemarau ini bisa berakhir.

“Semoga dengan shalat ini semoga kita semua diberikan keberkahan, berupa diturunkannya hujan yang deras,” lanjut Yani.

Ditambahkan mantan Kepala SMAN Rupit ini, kegiatan ini juga sekaligus untuk mengajarkan kepada para siswa tentang bagaimana shalat istisqa karena selama ini mereka hanya mendapatkan pelajaran teori.

“Selain itu menandakan bahwa anak-anak sekolah umum tidak kalah ilmu keagamaannya dengan anak-anak yang sekolah agama.

Selanjutnya ustaz Muhammad Said menyampaikan tata cara shalat sunnah istisqa, dimana pelaksanaannya hampir sama dengan shalat di hari raya. Yang membedakannya doa nya.

“Kalau shalat istisqa itu doa nya menghadap ke kiblat, selain itu pada khutbah pertama juga terdapat doa sedangkan khutbah di hari raya tidak,” ungkapnya.

Ustaz Muhammad Said berharap semoga dengan diadakan shalat istisqa pada hari ini, Allah menurunkan kepada kita.

“Karena keadaan saat ini tidak ada hujan membuat petani gagal panen, sumur kekeringan, tanaman layu hingga mengakibatkan mati, maka dari itu marilah sama-sama kita berdo’a meminta hujan kepada yang memiliki hujan,” tutupnya.

PENULIS : Rio Rivaldo
EDITOR : Aulia Azan Siddiq

Ustaz Muhammad Said Siap Bimbing Tahfidz Qur’an

10 KPM PKH Mengundurkan Diri